Jakarta (ANTARA News) - Smartphone modern seperti iPhone dan perangkat Google Android lebih kompleks daripada komputer desktop dalam beberapa tahun terakhir, dan perangkat mobile itu membawa risiko keamanan yang sama besar. Meskipun jumlah virus yang mengincari smartphone meningkat 46 persen pada 2010, banyak pengguna yang menghiraukan ancaman dari penjahat cyber, Telegraph melaporkan.

Berikut adalah lima cara sederhana melindungi diri:

1. Gunakan PIN atau password

Kamu harus memastikan nomor PIN dapat diakses melalui layar homescreen. Hal itu menyebabkan setiap orang sulit untuk mengakses data pribadimu jika ponsel hilang atau dicuri.

2. Selalu di-update

Perbarui sistem operasi ponsel pintar baik pada Apple dan Google, termasuk menambal celah pada sistem keamanan menurut berita terbaru. Pastikan kamu memperbaruinya dengan versi yang terbaru.

3. Hati-hati Pilih Aplikasi

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Kecuali kamu seorang ahli keamanan informasi, kamu hanya harus mengunduh aplikasi dari toko-toko aplikasi resmi. Bahkan malware nakal bisa lolos dari pemeriksaan. Oleh karena itu, perhatikan ulasan dari pengguna lain .

4. Matikan Wifi dan Bluetooth

Jika Wifi dan Bluetooth tidak digunakan, kamu harus mematikan fitur wireless tersebut. Peretas dapat menggunakannya untuk mengakses ponsel pintarmu. Jika kamu menggunakan Wifi, pastikan kamu berada pada jaringan yang dienkripsi yang membutuhkan password.

5. Copy/Back up data

Jika ponsel pintarmu terganggu, terkadang satu-satunya cara untuk memberantas virus dengan menghapus seluruh isi memori. Kamu harus membuat backup secara teratur seperti nama kontak teman, pesan, foto dan aplikasi.

(Adam/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com