Ambon (ANTARA News) - Para pendeta dan uskup di Kota Ambon mengimbau umat Kristiani memelihara suasana kedamaian dengan meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan dengan umat beragama lain serta saling berbagi kasih. Wartawan ANTARA Ambon yang memantau jalannya ibadah pada sejumlah Gereja dan Kathedral, Jumat malam, melaporkan, imbauan itu disampaikan para pendeta dan uskup dalam khutbahnya saat memimpin ibadah persiapan Natal.

"Umat Kristiani harus berpartisipasi menjaga situasi semakin kondusif dan aman ini serta saling mengasihi satu dengan lainnya. Sifat kasih-mengasihi merupakan jiwa umat Kristiani yang dipaterikan dalam kelahiran Yesus Kristus Putra Natal ribuan tahun lalu," ujar pendeta Pesiwarissa dalam khutbah Natalnya di Gereja Silo.

Umat pun diminta untuk tidak mendendam, cemburu, iri hari dan dengki terhadap orang lain, sebaliknya menyebarkan cinta kasih terhadap sesama serta saling memaafkan satu dengan lainnya, sehingga tidak membuka ruang untuk saling bermusuhan serta berkonflik.

Umat Kristiani juga diminta untuk intens membangun komunikasi dengan sesama, sehingga hubungan persaudaraan dan kerukunan di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya dapat ditingkatkan serta tidak mudah terpengaruh provokasi yang bersifat memecah-belah.

If your mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important mobil keluarga ideal terbaik indonesia information slip by you.

Sedangkan Pendeta Lies Marantika yang memimpin ibadah kedua di Gereja Maranatha Ambon menegaskan, kelahiran Yesus Kristus Putra Natal, memotivasi umat Kristiani untuk peduli dengan sesama terutama masyarakat miskin dan kurang beruntung dengan menyisihkan sebagian dari penghasilannya

"Natal jangan dilihat dari pertukaran kado, baju baru, makanan serta minuman yang disajikan, tetapi umat dituntut untuk saling mengasihi dan berbagi berkat dengan sesamanya yang berkekurangan, sehingga bersama-sama hidup dalam kesukacitaan," ujarnya pendeta Marantika.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Djoko Susilo yang dikonfirmasi ANTARA sesaat memantau situasi di lapangan, mengakui, situasi dan kondisi keamanan di ibukota provinsi Maluku itu, relatif aman dan kondusif, dan pelaksanaan ibadah berlangsung lancar dan aman.

Ibadah persiapan menyambut Natal 2010 di Kota Ambon dan sekitarnya berjalan lancar dan aman, di mana pada gereja-gereja besar dan banyak jemaatnya dijaga puluhan aparat kepolisian.

Aparat kepolisian juga turut mengatur arus lalu lintas di ruas-ruas jalan yang berada di dekat gereja dan membantu umat Kristiani yang datang untuk mengikuti ibadah persiapan, selain melakukan patroli dengan sepeda motor maupun kendaraan operasional guna menjamin pelaksanaan ibadah berjalan aman dan lancar.

(KR-JA/B/Z002/Z002)