Solo (ANTARA News) - Aksi sosial berupa penggalangan dana melalui pertandingan ekshibisi di GOR Manahan Solo, Minggu, menghasilkan dana sebesar Rp831.090.000 yang semuanya akan disumbangkan bagi korban bencana letusan Gunung Merapi. "Total dana yang diperoleh adalah Rp831.090.000 yang seluruhnya akan disumbangkan bagi korban bencana Merapi melalui PMI Jawa Tengah dan DIY masing-masing 50 persen," ujar Butet Kartaredjasa yang menjadi pembawa acara amal tersebut.

Dana tersebut diperoleh melalui lelang raket bintang dan mantan bintang bulu tangkis di antaranya Taufik Hidayat, Markis Kido/Hendra Setiawan, Alan Budikusuma, Susy Susanti, serta Candra Wijaya/Sigit Budiarto.

Selain itu, dana juga diperoleh melalui penjualan tiket menyaksikan pertandingan ekshibisi seharga Rp50.000 dan Rp100.000 dan sumbangan dari berbagai pihak.

Now that we've covered those aspects of mobil keluarga ideal terbaik indonesia, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

Ketua Komunitas Bulu Tangkis Indonesia (KBI) Tan Joe Hok mengatakan ide penggalangan dana tersebut muncul dari mantan-mantan pemain yang ingin memberi bantuan kepada korban bencana namun mempunyai keterbatasan dana.

"Banyaknya bencana membuat kami ingin memberi bantuan, namun kami bukan orang yang punya banyak uang sehingga muncul ide untuk menyelenggarakan charity event," kata Joe Hok yang mentargetkan meraih Rp500 juta.

Pada acara tersebut pertandingan yang digelar antara lain mempertemukan juara dunia 2005 dan 2007 Nova Widianto/Liliyana Natsir melawan Muhammad Rijal/Debby Susanto yang dimenangi Rijal/Debby 30-29, pasangan Christian Hadinata/Ivana Lie melawan Alan Budikusuma/Susy Susanti yang dimenangi Christian/Ivana, dan ditutup pasangan Taufik Hidayat/Hendra Aprida Gunawan melawan Fran Kurniawan/Sigit Budiarto.

Acara yang berlangsung selama empat jam tersebut juga diisi hiburan musik dari penyanyi Ebiet G Ade yang juga menyumbangkan sebagian dari honornya.

Meski tidak dipenuhi penonton, Joe Hok mengaku cukup puas dengan hasil acara amal tersebut. "Sebenarnya harapan saya lebih dari ini, tetapi inilah yang kita peroleh, mau apa lagi. Nanti akan kita evaluasi untuk diperbaiki pada event yang akan datang," kata juara All England pertama Indonesia tersebut.
(F005/A016/A038)