Mukomuko (ANTARA News) - Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) akan membantu 75 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk desa terpencil di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Januari 2011. Kepala Kantor Pertambangan dan Energi Kabupaten Mukomuko Syamsir, Kamis, mengatakan, bantuan berupa PLTS dari Kementrian PDT itu untuk Desa Sendang Mulya, Kecamatan Penarik yang tergolong desa terpencil dan belum terjangkau jaringan listrik.

Karena bantuan yang diberikan jumlahnya sangat terbatas, maka sasaran bantuan PLTS adalah rumah tangga miskin di Desa Sendang Mulya.

"Kami akan berikan kepada keluarga yang sangat membutuhkan dilihat dari aspek ketidakmampuan secara ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap hari," ungkapnya.

Menurut dia, pada tahun ini Kementerian PDT dan Kementerian Sumber Daya Mineral akan memberikan bantuan PLTS untuk desa terpencil sebanyak 700 unit, karena anggaran terbatas di pusat sehingga bantuan itu belum bisa diberikan pada tahun ini.

You can see that there's practical value in learning more about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Can you think of ways to apply what's been covered so far?

"Setelah 75 unit PLTS dibagikan kepada warga miskin, kami kembali mengusulkan pada 2011 supaya sebanyak 700 PLTS disalurkan untuk daerah ini," ujarnya.

Ia menerangkan, dengan 700 PLTS ada tiga kecamatan yang belum tersentuh jaringan listrik yang akan menjadi target penyaluran bantuan yakni Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Selagan Raya.

"Tiga Kecamatan ini berhak untuk menerima PLTS karena selama ini belum ada jaringan dari Perusahaan Listrik Negara yang masuk karena jarak dengan wilayah yang masuk listrik sangat jauh," ujarnya.

Ia menerangkan, selain bantuan PLTS diberikan kepada warga miskin, PLTS juga bisa dimanfaatkan untuk fasilitas desa seperti masjid.

"Dengan menggunakan PLTS, warga yang selama ini kesulitan listrik bisa menikmati listrik meski dengan kapasitas terbatas," urainya.
(ANT-149/B010)