Aktor ganteng Johnny Depp membintangi film animasi bertajuk Rango (reuters)

Los Angeles (ANTARA News) - Film animasi keluarga "Rango" merajai box office Amerika Utara akhir pekan lalu dengan mengantungi 38 juta dolar AS, demikian perkiraan studio pada Minggu (6/3), dalam perkiraan rendah saat penonton masih lesu pada awal 2011.

"Rango", yang menampilkan Johnny Depp sebagai pengisi suara bunglon yang berusaha mewujudkan hukum dan ketenangan di satu kota kecil di Wild West kuno, mulanya diperkirakan akan menghasilkan sekitar 38 sampai 42 juta dolar AS oleh distributor Paramount Pictures, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Film tersebut menambah sebanyak 16 juta dolar lagi dari wilayah internasional, sehingga penghasilannya dari seluruh penjualan tiket mencapai 54 juta dolar.

Di tempat lain, thriler Matt Damon "The Adjustmen Bureau", yang seperti "Rango", berada pada debut akhir pekan di berbagai bioskop, meraup 21 juta dolar dan menempati posisi ke-2 di Amerika Utara.

Satu lagi film pendatang baru "Beastly", film modern yang bercerita tentang kisah klasik "Beauty and the Beast", menduduki posisi ke-3 dengan pemasukan 10,1 juta dolar.

Secara keseluruhan, penghasilan dari penjualan tiket di AS dan Kanada mengalami peningkatan 31 persen dari akhir pekan yang sama setahun sebelumnya, demikian laporan Hollywood.com Box Office.

Saat itu, versi 3D film Disney "Alice in Wonderland" terbukti mengukir kepopuleran dan, demikian juga dengan "Shutter Island" dan "Avatar" --yang memiliki pemasukan besar dari penjualan tiket.

Tapi awal 2011 telah gagal menggerakkan penghasilan besar, dan penjualan tiket turun cuma di atas 20 persen sementara jumlah orang yang datang ke bioskop turun sebesar 22 persen, kata Hollywood.com Box Office.

Sementara itu drama kerajaan "King`s Speech" mengikuti kemenangannya di ajang Oscar dengan naik dari urutan delapan ke posisi tujuh dengan pemasukan cuma lebih dari 6,5 juta dolar dari penjualan tiket. Film tersebut meraih Oscar untuk kategori "best film".

Film komedi "Hall Pass" dan film animasi "Gnomeo & Juliet", yang telah bertukar tempat ke-1 dan ke-2 pekan sebelumnya, terlempar dari posisi tiga teratas. "Hall Pass" anjlok ke No.4 dengan penghasilan sembilan juta dolar , sementara "Gnomeo & Juliet" bertengger di No.5 dengan pemasukan 6,9 juta dolar AS.

"Rango" didistribusikan oleh Paramount Picture, satu unit Viacom Inc. "Adjustment Bureau" diluncurkan oleh Universal Pictures, yang dikuasai oleh Comcast Corp, dan "Beastly" diluncurkan oleh divisi CBS Corp, CBS Films.

"The King`s Speech" diluncurkan oleh perusahaan swasta Weinstein Co. "Hall Pass" oleh unit Time Warner Inc, Warner Bros., dan "Gnomeo & Juliet" diluncurkan oleh divisi studio filmn The Walt Disney Co.
(*) Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com