AsiaNet 43602 Menurut Kajian Keanekaragaman Gender Dewan Direksi Korn/Ferry

SINGAPURA, 7 Maret 2011 (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

- Wanita terus kurang terwakili di direksi perusahaan Asia Pasifik

- Karakteristik demografi direktur wanita diketahui sangat berbeda dari direktur pria
    
     Temuan awal dalam studi keragaman direksi oleh Korn/Ferry International mendapati bahwa perwakilan wanita di dewan direksi perusahaan di kawasan Asia Pasifik masih rendah dan bahwa direktur wanita memiliki karakteristik demografis yang berbeda dibandingkan dengan direktur pria.

     Meskipun direksi perusahaan semakin diakui memasukkan pertimbangan keragaman, termasuk jenis kelamin, ketika menunjuk direktur, studi ini mendapati persentase direktur wanita terus rendah di kawasan ini. Lebih dari 70 persen direksi perusahaan di lima negara - Hong Kong, India, Malaysia, Selandia Baru dan Singapura - tidak memiliki direktur independen wanita. Dewan direksi dengan tiga atau lebih direktur wanita langka, sementara direksi dengan tiga atau lebih direktur independen perempuan hampir tidak ada.

     Temuan ini merupakan bagian dari studi lebih luas mengenai keragaman direksi perusahaan yang dilakukan oleh Korn/Ferry dan dipimpin oleh Associate Professor Mak Yuen Teen dari NUS Business School di National University of Singapore, yang merupakan otoritas yang diakui dalam tata kelola perusahaan di Asia.

     Studi ini, yang pertama di kawasan Asia Pasifik yang berfokus pada keragaman direksi perusahaan, mencakup 100 perusahaan domestik terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar di Australia, Hong Kong, India, Malaysia, Selandia Baru dan Singapura. Studi ini membandingkan sejauh mana direktur wanita dan pria menduduki posisi kepemimpinan penting dalam direksi perusahaan, serta profil direktur wanita dan pria di negara-negara ini. Sebanyak 4.630 direktur yang menduduki total 5.335 jabatan di perusahaan itu termasuk dalam studi tersebut.

     "Dunia memperhatikan potensi dan kekuatan wanita - sebagai konsumen, sebagai pemimpin dan sebagai mayoritas bakat yang berkembang," kata Alicia Yi, direktur utama layanan klien strategis Korn/Ferry International Asia Pacific. "Terdapat kian banyak permintaan akan calon direksi perempuan di seluruh dunia karena perusahaan mulai menyadari bahwa direksi perusahaan yang sukses harus mencerminkan pasar yang mereka layani dan bahwa tim kepemimpinan yang homogen dapat kurang mampu berbisnis di lingkungan bisnis yang semakin kompleks," tambahnya.

     Studi ini juga mendapati sejumlah perbedaan penting antara karakteristik demografi direktur wanita dan pria, termasuk:
    
     - Direktur wanita lebih muda daripada direktur pria di semua negara, rata-rata sekitar tiga tahun.
     - Direktur wanita lebih mungkin memiliki latar belakang pendidikan hukum atau akuntansi dibandingkan direktur pria, sementara direktur pria lebih mungkin memiliki latar belakang teknik dan ilmu pengetahuan.
     - Rata-rata masa jabatan direktur independen wanita lebih singkat daripada direktur pria di semua negara.

Sepertinya informasi baru ditemukan tentang sesuatu setiap hari. Dan topik Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah tidak terkecuali. Jauhkan membaca untuk mendapatkan berita lebih segar tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah.

     Mengomentari hasil-hasil studi itu, Professor Mak berkata, "Diskusi mengenai susunan direksi perusahaan yang sesuai terus berkembang dari fokus pada kemandirian, ke kompetensi, ke komitmen, dan sekarang pada keragaman. Direksi perusahaan kian diakui perlu memasukkan pertimbangan keragaman ketika menunjuk direktur, termasuk memiliki keanekaragaman gender. Studi ini menunjukkan bahwa direktur wanita yang ditunjuk ke direksi perusahaan memiliki profil demografis yang berbeda dibandingkan dengan direktur pria, dan karena itu mereka meningkatkan keragaman direksi perusahaan di luar sekedar keanekaragaman gender."
    
     "Banyak perusahaan terkemuka saat ini menganggap serius isu keanekaragaman, termasuk keragaman gender - dengan menetapkan target karyawan, melacak dan mencari cara meningkatkan - karena kian banyak bukti menunjukkan bahwa direksi perusahaan dan tim manajemen yang lebih beragam dapat lebih efektif," ujar Yi.

     "Karena Asia terus tumbuh dan menjadi komponen penting ekonomi global, saya yakin bahwa seluruh isu keragaman dan susunan direksi perusahaan akan meningkat disaat perusahaan menyadari bahwa direksi perusahaan yang paling efektif adalah yang bersifat internasional - dan dengan keragaman yang lebih fungsional, sektor dan menyangkut gender," tambahnya.

     Temuan penting tambahan mengenai keragaman gender dalam direksi perusahaan Asia Pasifik termasuk:
    
     - Direktur wanita umumnya kurang terwakili dalam posisi kepemimpinan direksi seperti ketua dewan direksi dan komite dewan direksi.
     - Australia memiliki persentase tertinggi direktur wanita dengan 11,2 persen dari semua direktur adalah wanita.
     - Hanya 14 dari ke-600 direksi perusahaan di keenam negara memiliki lebih dari dua direktur wanita.
     - Hanya satu dari ke-600 direksi perusahaan di keenam negara memiliki tiga atau lebih direktur independen wanita.
     - Persentase direktur wanita bervariasi di antara direktur eksekutif, direktur non-eksekutif non-independen, dan direktur non-eksekutif independen. Hong Kong memiliki persentase tertinggi direktur eksekutif wanita; Malaysia memiliki persentase tertinggi direktur non-eksekutif non-independen, dan Australia memiliki persentase tertinggi direktur non-eksekutif independen wanita.

     Praktek Layanan Direksi Perusahaan & CEO Korn/Ferry
     Praktek Layanan Direksi Perusahaan & CEO Korn/Ferry membantu klien dengan pencarian dan pemilihan direksi perusahaan, Pencarian dan pemilihan CEO, Perencanaan dan penilaian Suksesi CEO, efektifitas direksi perusahaan, serta konsultan kompensasi direktur/eksekutif.

     Tentang Korn/Ferry International Asia Pacific
     Korn/Ferry International, dengan kehadiran di seluruh Amerika, Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, adalah penyedia global terkemuka solusi manajemen bakat. Korn/Ferry merupakan firma pencarian eksekutif global besar pertama yang beroperasi di Asia Pasifik ketika diresmikan di Tokyo pada tahun 1973 dan saat ini memiliki 18 kantor di pusat bisnis utama di kawasan tersebut. Perusahaan yang berbasis di Los Angeles ini memberikan berbagai solusi yang membantu klien menarik, menyebarkan, mengembangkan dan memberi imbalan atas bakat mereka. Kunjungi www.kornferry.com untuk informasi lebih lanjut tentang kelompok usaha Korn/Ferry International, dan www.kornferryinstitute.com untuk kepemimpinan berpikir, kekayaan intelektual dan penelitian.

     SUMBER: Korn/Ferry International
    
     KONTAK: Carol Lo dari Korn/Ferry International,
             +65 6231 6219,
             carol.lo@kornferry.com

Editor:
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com