Jayapura (ANTARA News) - Fasilitas tong sampah yang sudah disediakan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok Dua Provinsi Papua guna menangani sampah tidak difungsikan dengan baik oleh para pengunjung. Dari hasil pantauan ANTARA Jayapura, Papua, Minggu siang, terlihat tong sampah yang berada di lokasi RSUD sama sekali diabaikan oleh masyarakat yang datang untuk berobat ataupun mengunjungi kerabat yang sakit sehingga banyak terlihat sampah berserakan di halaman sekitar rumah sakit.

Walaupun ada tong sampah di sejumlah lokasi masih saja terlihat sampah berserakan di mana-mana, hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran pengunjung akan kebersihan.

Salah seorang petugas kebersihan RSUD yang enggan diberitakan namanya mengatakan, keberadaan tong sampah sampai sejauh ini memang belum digunakan dengan baik oleh pengunjung yang datang untuk berobat atau menjenguk kerabat mereka yang dirawat inap.

Those of you not familiar with the latest on mobil keluarga ideal terbaik indonesia now have at least a basic understanding. But there's more to come.

"RS yang seharusnya bersih, masih saja terlihat ada sampah yang berserakan di mana-mana baik sisa minuman, makanan bahkan ludah pinang. Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi mengingat ini adalah rumah sakit," katanya

Dalam menanggulangi sampah, warga masyarakat dituntut pro aktif guna menjaga dan memahami manfaat dari kebersihan di lingkungan RS atau juga di tempat-tempat umum lainnya seperti taman-taman kota yang tersebar di Kota Jayapura.

Dia menuturkan, puluhan tong sampah sudah disediakan oleh pihak RS serta mempunyai fungsi yang sama yaitu tempat membuang sampah tetapi masyarakat yang datang masih saja sering membuang sisa makanan dan ludah pinang di sembarang tempat sehingga meninggalkan noda di tembok-tembok. Tentu saja hal ini membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak enak dipandang.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pihak RS khususnya para aparat keamanan untuk lebih tegas lagi melaksanakan tugas, mengingat menjaga kebersihan adalah tugas kita bersama.

Bila perlu, ujarnya, pihak RS menegur langsung para pengunjung yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan harmonis.  (ALX/J006/K004)