Jayapura (ANTARA News) - Puluhan pemain muda turut dalam seleksi Training Centre (TC) ke Genoa Italia di Lapangan Akademi Sepak Bola Emsyk Waena, Minggu sore. Seleksi dipimpin oleh Ketua Pencari Bakat usia muda wilayah Papua Benny Jensenem dan disaksikan langsung manager pencari bakat dari Asia yang juga mantan striker Timnas Singapura, Fandi Achmad.

Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan sepakbola di Genoa selama enam bulan.

Seleksi tersebut diikuti dari berbagai klub dan SSB yang ada di wilayah Kota/Kabupaten Jayapura berlangsung sejak Minggu (21/11) sore hingga Senin (22/11).

Salah satu persyaratan pemain yang mengikuti seleksi, adalah tidak boleh terikat dalam kontrak.

"Jangan sampai di antara kalian ada pemain yang masih dikontrak oleh klub ataupun dengan instansi pemerintah," kata Jansenem saat memberikan arahan kepada para peserat seleksi.

Meski demikian ternyata dalam seleksi tersebut masih ada juga beberapa pemain yang berasal dari PPLP Papua, Persipura U-18, dan PPLP Kabupaten Jayapura. Tim seleksi tetap menginjikan para pemain tersebut untuk ikut seleksi karena tidak terikat kontrak secara resmi oleh klub asal mereka sehingga status mereka masih bebas.

If you find yourself confused by what you've read to this point, don't despair. Everything should be crystal clear by the time you finish.

Menurut Jansenem selain harus berasal dari klub dan SSB yang dikelola swasta, salah satu prioritas yang juga diutamakan dalam seleksi itu adalah usia dan tinggi badan para pemain.

Nantinya pemain yang lolos seleksi rencananya akan diberangkatkan ke Genoa-Italia pada bulan Januari 2011 tahun depan.

"Yang kita utamakan adalah pemain yang memiliki tinggi badan 170cm dan kelahiran tahun 1993-1994," ujar Jansenem.

Benjamin Jansenem mengatakan, selain memiliki skill, teknik dan mental bermain yang baik, pemain yang diutamakan dalam seleksi itu adalah pemain yang bebas dari klub-klub dan SSB yang dikelolah secara swadaya.

Pada seleksi tahap pertama ini sebanyak 72 peserta berhasil lolos ke seleksi tahap berikutnya, namun beberapa peserta yang tidak lolos tetap masih diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi.

Seleksi tahap kedua yang akan dilangsungkan Senin (22/11) di Lapangan Emsyk Waena.(*)

(ANT-186/T010/R009)