Jayapura (ANTARA News) - Tim sepak bola kebanggaan masyarakat Papua, Persipura Jayapura, berhasil mengalahkan tim tamunya Deltras Sidoarjo dengan skor 2-0, dalam lanjutan putaran pertama Liga Super Indonesia di stadion Mandala Jayapura, Minggu. Gol kemenangan Persipura masing-masing dicetak Stevy Bonsapia menit ke-80 dan Sundulan pemain bertahan Bio Paulin Pierre menit ke-86.

Pertandingan babak pertama yang dipimpin wasit Aeng Suharlan berlangsung sengit dan saling jual beli serangan dengan tempo relatif lambat.

Tak ingin malu di depan publiknya, Persipura yang bermain tanpa diperkuat kapten tim yang juga top skor sementara Liga Super Indonesia (LSI), Boas Sollosa, terus  menerobos pertahanan ketat Deltras Sidoarjo.

Rahmat Rivai dan Tinus Pae yang diharapkan membuat banyak peluang dan mencetak gol, terlihat kerepotan.

Hasilnya hingga babak pertama usai, kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, pelatih Jaksen Tiago menarik keluar Rahmat Rivai dan menggantikannya dengan Lukas Mandowen.

Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

Pergantian itu terbukti cukup efektif, dimana penguasaan bola dan serangan boleh dikatakan semuanya milik Persipura.

Puncaknya menit ke-80, saat umpan tarik pemain Titus Bonay, berhasil dikontrol sempurna oleh Stevy Bonsapia yang berdiri tak terkawal di kotak penalti, sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras melewati kiper Deltras Sidoarjo Yanuar Ferdinand.

Enam menit kemudian, berawal dari tendangan bebas dari sudut kanan gawang Deltras yang dilepaskan Zah Rahan, berhasil ditanduk dengan sempurna oleh Bio Paulin Piere sehingga kedudukan berubah menjadi 2-0.

Pelatih Persipura Jayapura, Jaksen Tiago mengaku cukup puas dengan hasil yang didapat anak asuhnya.

"Anak-anak memang sempat kesulitan menembus ketatnya pertahanan Deltras, tetapi akhirnya kami bisa memenangkan pertandingan ini," kata Jaksen.

Pelatih Deltras Sidoarjo, Mustaqim, juga mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya.

"Saya salut dan puas dengan perjuangan anak-anak. Kami telah mengimbangi permainan cepat Persipura, tetapi kehilangan konsentrasi di menit akhir pertandingan," katanya. (*)

KR-MBK/AR09